Kamis, 27 Desember 2012

Pemanfaatan Teknologi Internet Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

Kemajuan teknologi informasi dan penggunaan internet dewasa ini memiliki perkembangan yang cukup segnifikan, pemanfaatan teknologi informasi khususnya internet di indonesia cukup besar. Berdasar data sebuah lembaga survei, di indonesia menempati urutan ke-3 sebagai pengguna internet terbanyak di indonesia. Sebagai negara yang banyak memanfaatkan internet rincianya 60% sampai dengan 70% pengguna internet di indonesia adalah mahasiswa dan pelajar.
Media Internet Sebagai Media Pembelajaran 
Menurut General Manager PT.Telkom Tbk Regional IV Jateng-DIY, Aris Dwi Cahyanto "Kedepannya indonesia tidak kalah bersaing dari negara lain dalam mewujudkan peningkatan dan pengembangan kualitas dan mutu pendidikan yang terdepan dan ter-update. Mengingat tejnologi internet seperti saat ini tidak bisa di hindari. Kita tahu pendidikan adalah landasan atau pondasi yang esensial dalam pembentukan dan pembangunan bangsa dan negara dimana cita-cita bangsa ada pada mereka yang duduk di bangku sekolah. Pendidikan sangat penting karena mencerdaskan kehidupan bangsa.
PT.Telkom Indonesia Image
Untuk itu PT.Telkom sebagai Badan Usaha Milik Negara  (BUMN) merasa tergugah untuk ikut berpartisipasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Salah satunya dengan adanya kera sama dengan pemerintah yaitu Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (DIKPORA) DIY dengan PT.Telkom Tbk Regional Jateng-DIY, di Auditorium DIKPORA DIY belum lama ini. Dengan kerja sama ini diharapkan adanya sebuah mekanisme pembelajaran bagi para murid dengan memanfaatkan media internet sebagai wawasan dan media pembelajaran keilmuan.
Media Pembelajaran Melqalui E-Learning
Akan tetapi media internet tidak menutup kemungkinan memberikan dampak yang positif bagi siswa, karena jaringan internet yang sifatnya mengglobal maka seluruh informasi yang ada di dalam nya belum tentu positif ada sisi negatifnya juga yang memberikan dampak yang buruk. Untuk itu dalam pelaksanaannya, kerja sama ini tidak hanya disosialisasikan kepada para peserta didik , tapi perlu adanya kajian, proses filtrasi informasi, dan juga penyuluhan bagaimanan memanfaatkan layanan internet yang sehat. PT.Telkom berkomitmen dalam upayannya memajukan dan mencerdaskan anak bangsa dengan metode e-learning yang di yakini sangat efektif dalam membangun pembelajaran yang tepat. Dengan selalu mendukung program dari KEMDIKBUD dengan mengembangkan konten belajar berstandard unggul bagi seluruh sekolah di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar